INSTO - PIONEER EDUKASI KESEHATAN MATA
PASAR
Data menunjukkan 9 dari 10 orang Indonesia pernah mengalami iritasi mata, tetapi hanya 1 dari 9 orang yang menggunakan obat tetes mata ketika mata terkena iritasi. Prevalensi besar, namun penetrasi tetes mata di Indonesia masih rendah. Karena itu melalui edukasi serta komunikasi yang tepat dan relevan kepada konsumen, potensi dan peluang Insto dalam memperbesar pasar tetes mata di Indonesia sangat terbuka lebar.
Belum lagi jika berbicara mengenai kategori mata kering yang masih sangat baru dan belum tergarap. Insto sebagai market leader, berusaha menjadi pioneer dalam mengedukasi konsumen mengenai resiko mata kering yang lekat dengan aktivitas kita sehari-hari.
SEJARAH
Sejak menjadi bagian dari keluarga besar Combiphar pada tahun 2014, Insto terus berkembang pesat dan mengalami pertumbuhan baik dari sisi value, volume maupun market share. Hadir di tengah masyarakat Indonesia selama lebih dari 20 tahun, Insto menjadi market leader dengan share > 45%, brand awareness 100% dan top of mind 85%.
PRODUK
Saat ini Insto memiliki 2 varian, yaitu Insto Regular dan Insto Dry Eyes. Insto Regular untuk mengatasi mata merah, perih, dan gatal karena iritasi ringan yang disebabkan oleh asap, debu, dan polusi. Sedangkan Insto Dry Eyes dengan komposisi seperti air mata buatan berfungsi untuk melumasi dan melembabkan mata yang kering ataupun lelah.
TARGET MARKET
Secara umum, target audience Insto adalah usia produktif yang aktif dalam beraktivitas. Pria dan wanita dalam rentang usia 18 – 45 tahun.
PROMOSI
Sejak tahun 2015, Insto konsisten mengusung tagline ‘Buka Mata Buka Insto’ sebagai payung komunikasi dari semua aktivitas marketing Insto. Dengan ‘Buka Mata Buka Insto’, Insto ingin mengedukasi konsumen mengenai aktivitas apa saja dalam keseharian yang dapat menyebabkan iritasi mata dan apa solusi yang tepat untuk permasalahan mata tersebut, yaitu Insto. Edukasi pun disampaikan melalui cara yang menarik dan menyenangkan, salah satunya liburan.
NILAI MEREK
Sejalan dengan misi Combiphar, Insto berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau, karena bagus tak harus mahal dan sehat itu untuk semua. Selain kualitas, Insto juga selalu mengusung nilai ‘win the heart of the consumers’. Karena itu, service, interaction, dan engagement menjadi elemen yang penting dalam aktivitas marketing yang Insto lakukan.
PENCAPAIAN
Dalam perjalanannya dari tahun 2014, sejak menjadi keluarga besar Combiphar, Insto juga telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya :
? Indonesia WOW Brand Award untuk kategori eye care pada tahun 2014 dan 2015
? Social Media Award 2015
? Superbrands Grand Award tahun 2015
? Top Brand Award untuk kategori obat tetes mata pada tahun 2014 - 2016
? Penjualan No. 1 versi retail audit Nielsen
Dua penghargaan terakhir yang kembali diterima Insto di tahun 2017 ini adalah Superbrands Award 2017 dan Top Brand Award 2017. Semua penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Insto sebagai merk tetes mata No. 1 di Indonesia yang dipercaya oleh masyarakat.