DUA BELIBIS - KOMITMEN UNTUK MEMBERIKAN PRODUK-PRODUK UNGGULAN DENGAN KUALITAS TERBAIK
Pencapaian
Bagi penggemar kuliner enak dan pedas tentunya sudah tidak asing lagi dengan Dua Belibis. Sebagai salah satu merek saus di Indonesia, Dua Belibis dikenal karena rasanya yang enak dan lebih pedas. Sehingga tidak heran jika Dua Belibis dipilih baik untuk konsumsi rumahan maupun untuk industri. Pesatnya perkembangan industi kuliner membuat Dua Belibis terus mengembangkan produknya agar tetap dapat memenuhi kebutuhan pasar dan menjadi pilihan utama konsumen. Oleh karenanya Dua Belibis juga mengembangkan produknya dengan menambah varian saus tomat dan cuka dapur.
Komitmen Dua Belibis untuk memberikan produk-produk unggulan dengan kualitas terbaik terbukti dengan dianugerahkannya beragam penghargaan dari berbagai lembaga survei independen seperti Word of Mouth Marketing Award (WOMM), Superbrands, WOW Brand, Most Valued Brand (MVB) dan lain-lain. Dari award-award tersebut Dua belibis dinobatkan tidak hanya sebagai merek yang menjadi pilihan utama bagi konsumen tetapi juga sebagai merek yang memiliki tingkat advokasi yang tinggi. Artinya secara sukarela konsumen dari mulut ke mulut merekomendasikan Dua Belibis karena kualitasnya yang baik dan rasanya yang enak.
Sejarah
Kesuksesan Dua Belibis sebagai merek saus pilihan di Indonesia dimulai pada tahun 2006, saat PT Gunacipta Multirasa dibawah kepemimpinan Harry S. Widjaja mengakuisisi UD Padma Sari dengan mempertimbangkan ekuitas merek yang kuat dan peluang pengembangan bisnis yang potensial. PT Gunacipta Multirasa kemudian dengan total melakukan investasi berupa restrukturisasi karyawan dan organisasi, pengadaan mesin-mesin berteknologi canggih, penguatan divisi R & D, re-branding logo brand, serta penguatan dan perluasan armada sales dan distribusi di seluruh indonesia. Memasuki Tahun 2012, PT Gunacipta Multirasa melihat persaingan pasar saus sambal dan tomat semakin ketat, sehingga management mengambil keputusan stratejik yaitu pada bulan Mei 2012 didirikanlah sebuah sister company yang bernama PT Anggana Catur Prima. PT Anggana Catur Prima memegang peranan sebagai sole sales and distributor dan marketing company untuk seluruh merek yang berada dibawah naungan PT Gunacipta Mulitrasa.
Produk
Dua Belibis saat ini memiliki tiga varian produk utama yakni saus cabe, saus tomat dan cuka dapur. Saus cabe Dua Belibis dikenal karena rasa pedasnya yang pas dan aromanya yang mengugah selera. Hal ini dikarenakan hampir dari setengah dari komposisi saus cabe Dua Belibis adalah cabe asli (47% cabe asli) dilengkapi dengan kandungan bawang putih yang menambah aroma dan rasa. Hingga saat ini Dua Belibis terus mempertahankan kualitasnya dengan memproduksi saus dari bahan-bahan pilihan yang segar dan asli yang berkualitas tinggi. Selain itu, Dua Belibis juga memiliki varian saus tomat dengan rasa manis dan asam yang lebih pas dan varian cuka dapur sebagai pelengkap makan.
Pengembangan organisasi di segala bagian, akusisi talenta-talenta unggul dalam bidangnya, penambahan armada distribusi, penguatan dan pemerataan distribusi coverage area serta strategi marketing yang mumpuni terus menerus dilakukan dalam rangka menjadikan Dua Belibis sebagai merek yang memiliki kapasitas ketersediaan secara nasional dan menjadi pilihan utama bagi konsumen. Selain itu, Dua Belibis juga telah merambah pasar ekspor dengan hadir dilebih dari 20 negara di dunia seperti USA, Belanda, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, India, Korea Selatan, China, Australia, New Zealand, UAE dan lain-lain.
Promosi
Dalam hal promosi Dua Belibis menerapkan strategi Integrated Marketing Communications (IMC) dengan mengedepankan experiential marketing dimana konsumen diajak untuk mencoba dan mencicipi saus Dua Belibis. Hal tersebut juga didukung dengan serangkaian kegiatan brand activation yang dilakukan diberbagai channel baik di pasar modern hingga pasar tradisional. Dua Belibis juga aktif dalam mengembangkan strategi pemasaran digital melalui social media dan website maintenance & development serta pengelolaan SEO & SEM. Beragam pameran baik skala nasional maupun internasional juga aktif diikuti oleh Dua Belibis seperti Interfood, TEI, Pekan Raya Indonesia, dan lain-lain. Selain itu, Dua Belibis juga eksis melalui beragam aktivitas ATL (above the line) di stasiun televisi nasional.
Rasa yang enak dan kualitas prima adalah keistimewaan Dua Belibis sekaligus prinsip yang dipegang Dua Belibis agar dapat memenangkan hati konsumen. Dua belibis percaya rasa yang otentik dan khas adalah satu hal yang harus dijaga konsistensinya dan menjadi identitas pembeda dalam industry saus di Indonesia sekaligus value yang diberikan Dua Belibis untuk konsumenya. Dua Belibis percaya bahwa rasa saus yang enak memberikan keistimewaan pada tiap makanan yang dimakan bersama Dua Belibis.
Tanggung Jawab Perusahaan
Dua Belibis menyadari bahwa keberadaanya tidak bisa lepas dari industry kuliner. Oleh karenanya Dua Belibis berkomitmen untuk mengambil peran dalam upaya pengembangan industry kuliner di Indonesia. Komitmen tersebut dijalankan melalui program/kegiatan yang mendukung komunitas dan UKM atau entrepreneur-entrepreneur dibidang kuliner. Salah satunya dengan mengadakan event Rabu Rasa yang diadakan di Pasar Santa untuk men-support dan menarik pembeli untuk berbelanja di tenant-tenant kuliner yang ada disana. Selain itu, Dua Belibis selama dua tahun berturut-turut memiliki program CSR berupa pembagian makanan berbuka puasa gratis melalui kegiatan Dua Belibis Ifthar. Melalui program ini konsumen dapat ikut serta berbagi kebaikan dengan memberikan rekomendasi kepada siapa makanan berbuka tersebut diberikan. Tidak hanya itu, makanan yang dibagikan untuk program Dua Belibis Ifthar adalah makanan yang diproduksi oleh UKM dan industri rumahan disekitar Jakarta. Tidak hanya itu, Dua Belibis juga aktif mendukung komunitas-komunitas yang memiliki concern dibidang kuliner.
Sebelum diakuisisi oleh PT Gunacipta Multirasa dan didistribusikan oleh PT Anggana Catur Prima, Dua Belibis merupakan merek lokal yang pada awalnya pencetus merek ini adalah pedagang mie ayam yang memproduksi sausnya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu justru saus yang diproduski sendiri itulah yang lebih disukai dan banyak dibeli hingga akhirnya pencetus merek ini fokus hanya untuk menjual saus cabe Dua Belibis. Terbukti karena rasanya yang enak Dua Belibis hingga saat ini selalu menjadi pilihan utama para konsumen di Indonesia.
Dua Belibis menyasar target A - C+ dalam rentang usia 25 – 30 tahun. Para ibu muda dan para first jobber yang up to date dengan trend khususnya trend kuliner adalah target utama Dua Belibis. Selain itu, Dua Belibis juga fokus kepada para food enthusiast yang memiliki hobi kuliner.