TRAC ASTRA - PELAKU BISNIS TRANSPORTASI PERTAMA YANG MENDAPAT SERTIFIKAT ISO 9001:2015
SEJARAH
Berawal dengan nama PT. Sinar Inti Telaga yang berdiri sebagai perusahaan penyewaan kendaraan dengan 5 unit mobil pada tanggal 5 Oktober 1986 lalu berkembang dengan merek dagang “Toyota Rent a Car” pada tahun 1990. Pada tanggal 22 Maret 1990, PT Sinar Inti Telaga bertansformasi menjadi PT. Serasi Autoraya, kemudian tanggal 5 Oktober 2001 merek dagang “Toyota Rent a Car” berubah menjadi “TRAC – Astra Rent a Car”
Pada tahun 2003, TRAC mulai mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan TRAC Driver Services dibidang Jasa Penyewaan Pengemudi dengan total pengemudi yang dikelola hingga saat ini lebih dari 9.500 diseluruh Indonesia. Bertepatan pada tanggal 26 Agustus 2004, TRAC resmi mendirikan TRAC Motorental atau TREMO yang bergerak dibidang Jasa Penyewaa Kendaraan (motor) untuk jangka panjang dengan total motor yang dikelola lebih dari 9.000 unit hingga saat ini
Sebagai perusahaan penyedia jasa solusi transportasi terdepan di Indonesia. Bermula dengan hanya 5 unit kendaraan, kini TRAC telah memiliki lebih dari 35.000 kendaraan yang terdiri dari berbagai tipe kendaraan seperti SUV, MPV, Mobil Box, kendaraan 4x4, Blind Van, Employee Bus, School Bus, Big Bus dan kendaraan roda dua yang beroperasi di lebih dari 6000 pelanggan segmen korporat dan 32.000 pelanggan perseorangan. Kami juga memiliki lebih dari 9.500 pengemudi professional.
Kami memiliki 34 cabang, 35 service point, 69 outlet dan lebih dari 500 jaringan bengkel yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Pelanggan yang menikmati jasa kami tersebar di wilayah geografis yang beraneka. Keberadaan layanan dalam jangkauan ini memberi Anda kemudahan dan jaminan ketersediaan.
PRODUK
TRAC – Astra Rent a Car menyediakan solusi transportasi paling komprehensif disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap konsumen.
Corporate Rental adalah jasa sewa kendaraan dalam jangka panjang. Service yang ditawarkan adalah
Operating Lease : Menyediakan solusi transportasi untuk kebutuhan perusahaan. TRAC menyediakan segala kebutuhan unit mobil mulai dari passenger, niaga car hingga motor rental
Transportation Management System (TMS): Layanan dimana TRAC akan membantu mengelola transportasi perusahaan dalam rangka menekan efisiensi dan efektifitas biaya perusahaan. TMS dirancang untuk menyelesaikan permasalahan para perusahaan dibidang transportasi
Buy and Lease Back : Layanan ini dapat diperuntukan bagi perusahaan yang memiliki banyak aset namun bingung bagaimana pengelolaannya. Karena kami akan membeli aset mobil tsb dan menyewakannya kembali. Jadi perusahaan tidak perlu memikirkan mengenai maintenance, asuransi kendaraan,dll
Sedangkan untuk personal rental adalah jasa sewa kendaraan dalam jangka pendek untuk perseorangan
Airport Transfer : Layanan yang membantu para pelanggan setelah sampai di airport hingga ke lokasi tujuan. Jadi sesampainya di Airport tidak perlu lagi mengantri kendaraan umum di Bandara cukup menggunakan layanan Airport Transfer
Daily Rental : Jika Anda memiliki acara khusus keluarga, travelling, wedding, idul fitri ataupun acara spesial lainnya, Anda dapat memanfaatkan layanan daily rental. Daily Rental Services memiliki dua jenis layanan yaitu menggunakan driver (Chaeuffeur) dan lepas kunci (Self Drive)
Bus Services : Untuk kebutuhan dalam jumlah besar bisa menggunakan bus services. Kami memiliki Varian unit seperti small bus, medium bus, big bus hingga luxury bus.
Outbound Services : Jika Anda berencana terbang ke Singapore, Jepang ataupun Cina baik untuk kebutuhan leisure ataupun bisnis, kami menyediakan outbond services yang membantu perjalanan Anda selama disana menjadi lebih menyenangkan
PERKEMBANGAN TERKINI
TRAC – Astra Rent a Car meyakini bahwa inovasi dibidang layanan dan produk merupakan hal yang sangat penting guna mempertahankan posisi market leader dan menjadi perusahaan kelas dunia untuk layanan transportasi. TRAC pun terus memperluas jaringannya baik di dalam negeri maupun mancanegara dan demi tercapainya operation excellence, TRAC melakukan proyek-proyek transformasi bisnis kearah digitalisasi.
TRAC telah berhasil meningkatkan kualitas aset menjadi lebih produktif dan juga telah mengembangkan kemampuan sumber daya manusianya untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga dapat meningkatkan customer satisfaction index dan customer loyalty index secara signifikan. TRAC juga mengembangkan produk-produk baru untuk memenuhi segmen pasar baru sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya
Dalam rangka memberikan kemudahan bagi para pelanggan TRAC-Astra Rent a Car pun melengkapi layanannya melalui kerjasama dengan berbagai pihak seperti travel online provider, maskapai penerbangan hingga perbankan.
PROMOSI
Untuk mempertahankan eksistensi brand serta terus meningkatkan awareness di mata publik, TRAC-Astra Rent a Car fokus melakukan promosi melalui beberapa channel baik above the line (ATL) maupun below the line (BTL). Dan di era digital ini kamipun memperkuat layanan dengan melakukan pemesanan melalui website guna mempermudah pelanggan sekaligus sebagai medium penyampai informasi dan membangun komunikasi lebih mudah dengan para pelanggan tanpa batasan ruang dan waktu.
Untuk lebih mendekatkan diri dengan para pelanggan, kami melakukan berbagai kegiatan brand activation contohnya melalui eksebisi-eksebisi di berbagai ajang pameran berskala nasional, co-branding dan aliansi dengan berbagai pihak
NILAI MERK
TRAC- Astra Rent a Car menawarkan layanan yang tak hanya sekedar jasa sewa kendaran namun menawarkan jasa transportasi terintegrasi melalui layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mulai dari unit, sistem, service hingga sumber daya manusia.
Adapun 3 prinsip – prinsip yang telah diterapkan oleh TRAC dan menjadi kunci kesuksesan hingga saat ini yaitu menerapkan winning people, winning system dan winning strategi
Winning people
Melalui perekrutan yang handal, sehingga kita dapat menggali potensi calon karyawan hingga akhirnya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.
Melakukan people development melalui training, rotasi penugasan, dan talent management. Talent management yang telah kami lakukan adalah mengembangkan dan memperkuat kemampuan karyawan serta mengembangkan dan mempelihara potensi yang dimiliki masing - masing individu.
Budaya kerja dan budaya melayani yang kami terapkan pada corporate value.
Mengirimkan sumber daya yang kami miliki untuk benchmark ke perusahaan – perusahaan sejenis yang berada di luar negeri
Sistem penelian kerja yang objektif.
Winning system
Perbaikan bisnis kerja dengan melakukan improvement terhadap bisnis proses.
Membangun kapabilitas informasi tekhnologi (IT) dan technology application. Salah satu contoh kapabilitas IT diwujudkan dengan pembuatan reservation online (www.trac.astra.co.id) yang memudahkan para pelanggan yang ingin memesan kendaraan dimanapun dan kapanpun
Winning strategy
Selalu berusaha membuat strategi breakthrough untuk 5 tahun hingga 10 tahun kedepan di dalam bisnis. Untuk mencapai itu, kita membuat pondasi – pondasi tersebut dimulai dari sekarang melalui inovasi dalam strategi pemasaran dan strategi operasional yang berkesinambungan untuk jangka panjang.
PENCAPAIAN
TRAC-Astra Rent a Car sebagai perusahaan penyedia jasa sewa kendaraan profesional yang memulai usahanya di tahun 1986 telah berkembang menjadi perusahaan penyedia jasa solusi transportasi terintegrasi. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, TRAC hadir dengan menawarkan one stop transportation solution dan telah melayani banyak perusahaan besar di berbagai bidang industri di Indonesia.
Sebagai market leader di Indonesia TRAC-Astra Rent a Car terus bertumbuh baik dalam aspek bisnis maupun financial. Pencapaian ini dapat terjadi karena TRAC selalu beradaptasi terhadap kebutuhan pelanggan yang semakin beragam serta terus menerus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memperbaiki mekanisme pengelolaan voice of customer.
TRAC – Astra Rent a Car pun telah dipercaya dengan beraneka ragam penghargaan baik dari publik, pemerintah hingga pelanggan baik dari sisi service maupun dari sisi brand seperti Superbrands, Indonesia Best Brand Award, Jardine Pride in Performance, Word of Mouth Marketing Award, Corporate Image Award, Rekor Bisnis Indonesia, Service Quality Award, dan Top Brand Award, Sampoerna Supplier Conference, Indonesia Brand Champion Award. Penghargaan ini juga menjadi cambuk bagi TRAC dalam rangka terus meningkatkan kualitas layanan yang terbaik untuk customer. Selain itu, untuk mencapai operation excellence, TRAC melakukan proyek-proyek transformasi bisnis kearah digitalisasi
TRAC-Astra Rent a Car juga merupakan pelaku bisnis transportasi pertama yang mendapat sertifikat ISO 9001:2015 dari TUV Rheinland atas pengakuan produk dan layanan yang berstandar tinggi. Dan sebagai bentuk komitmen terhadap mutu, lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja TRAC-Astra Rent a Car pun mendapat sertifikat Health & Safety OHSAS 18001:2007 dari SAI Global.
TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
TRAC-Astra Rent a Car senantiasa mempertimbangkan aspek perlindungan lingkungan, keselamatan, dan kesehatan kerja serta tanggung jawab sosial. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) TRAC-Astra Rent a Car sesuai dengan ketentuan pilar CSR Astra, garis besarnya ada 4 bidang yaitu : kesehatan, pendidikan, lingkungan dan usaha kecil menegah. Beberapa kegiatan CSR yang secara rutin dilaksanakan pada 4 bidang tersebut adalah kegiatan donor darah, program posyandu binaan, melakukan uji emisi pada setiap kendaraan yang kami miliki, penanaman pohon, sosialisasi pengelolaan lingkungan juga sosialisasi safety driving dan safety riding
Hal-hal yang tidak diketahui tentang TRAC-Astra Rent a Car
TRAC - Astra Rent a Car adalah perusahaan rental mobil terbesar di Asia Tenggara dalam hal jumlah armada. Kami memiliki jaringan operasi terluas di Indonesia.
TRAC telah melengkapi layanannya dengan outbounding service yang dapat dipesan pada saat berpergian di Singapura, Jepang dan Cina
TRAC-Astra Rent a Car memiliki layanan reservasi online yang dapat diakses melalui website www.trac.astra.co.id/reservation yang mempermudah pemesanan kendaraan kapanpun dan dimanapun.
TRAC-Astra Rent a Car memiliki layanan personal rental dimana pelanggan dapat melakukan penyewaan kendaraan dengan atau tanpa pengemudi.
TRAC-Astra Rent a Car per tahun 2015 melayani drop off service dari area Energy Builiding SCBD menuju berbagai wilayah di Jakarta.
Saat ini TRAC – Astra Rent a Car telah membuat reservasi online via aplikasi yang sudah bisa download di play store