BAGUS - BERINOVASI UNTUK KEBUTUHAN MASYARAKAT INDONESIA
PASAR
BAGUS menyadari bahwa Indonesia memiliki iklim tropis dengan kelembaban udara yang tinggi sehingga berpotensi untuk timbulnya beragam jenis jamur dan ngengat. Hal ini dapat merusak benda-benda berharga anda seperti pakaian, kamera, sepatu, lemari, dan alatalat rumah tangga lainnya. Melihat kondisi lingkungan yang demikian dan tingkat kebutuhan konsumen, BAGUS melihat adanya peluang bisnis untuk menyediakan produk-produk yang membantu konsumen mengatasi masalah-masalah ngengat, penjamuran dan kebutuhan lainnya.
SEJARAH
BAGUS didirikan dan digagas pada tahun 1976 oleh founder BAGUS yaitu Bapak Abdul Alek Soelystio. Pada awal berdirinya, BAGUS merupakan perusahaan trading yang bergerak dibidang distribusi produk-produk impor. Selanjutnya pada tahun 1981, BAGUS mulai membangun fasilitas manufaktur bersamaan dengan infrastruktur produksi yang mendukung berkembangnya BAGUS sebagai merek terdepan di bidang kamper (kapur barus).
PENCAPAIAN
Dedikasi BAGUS dalam inovasi dan kualitas produk dibuktikan dengan didapatnya sertifikat ISO 9001:2008 dan penghargaan dari SUPERBRANDS sejak tahun 2003 hingga saat ini. BAGUS juga mendapatkan berbagai penghargaan untuk kategori kapur barus dari tahun ke tahun. Pencapaian ini membuktikan bahwa BAGUS selalu menjadi pilihan konsumen.
PRODUK
BAGUS mengambil inisiatif dengan meningkatkan rangkaian produk agar dapat lebih memenuhi kebutuhan konsumen yang luas dengan memperbanyak varian untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang variatif dari segi kegunaan, penempatan dan lain-lain. Sejak tahun 1990, BAGUS mulai mengembangkan produknya secara horizontal, dimulai dari Kapur Ajaib (kapur untuk membasmi kecoa dan semut), Shoe Polish, keperluan dapur seperti Cling Wrap, Aluminum Foil, Zipper Bag, keperluan pribadi seperti Entrust (popok dewasa), Underpad (alas kasur sekali pakai), Nina (sanitary napkins), dan Bagus Toothbrush. BAGUS tidak berhenti hanya pada keperluan pelengkap, tetapi juga pada alat pembersih dan pelengkap rumah tangga seperti Sikat Baju, Sikat lantai, Sikat Alami (sikat yang terbuat dari sabut kelapa alami), Sibiru (tablet pembersih kloset), Dormat (keset alas), dan Carmat (keset mobil).
PERKEMBANGAN TERBARU
Melihat tingkat kebutuhan dan ekspektasi konsumen yang semakin tinggi akan produk berkualitas, maka BAGUS menggaris bawahi pentingnya peningkatan kualitas produk-produk yang diproduksi dan inovasi produk baru. Produk terbaru dari BAGUS pada bidang “Personal Care” adalah Beautymate (spon mandi), Nina (pembalut wanita dengan ukuran terbaru 33cm, dan Pantiliner dengan floral dan natural scent), VS (sisir dengan design terbaru “pink series”), BAGUS White Clean Toothbrush (sikat gigi dengan design terbaru) dan Glint Shoe Polish. Tidak berhenti pada perluasan produk-produk baru, BAGUS juga meningkatkan kualitas produk yang sudah ada di pasar. Contohnya, inovasi lubri-strip pada BAGUS RAZOR, pembaharuan formula untuk Bagus Anti Bau, Bagus Serapair, Bagus Shoe Polish, penambahan zip-line (atau double zipper) pada Zipper Bag. Sibiru (tablet pembersih kloset), Dormat (keset alas), dan Carmat (keset mobil).
PROMOSI
Mengetahui pentingnya peranan promosi bagi sebuah merek untuk diakui dan dikenal oleh masyarakat luas, BAGUS melakukan aktivitas periklanan melalui TV Commercial, media cetak seperti koran, billboard, shelterbus, train-branding, dan radio. BAGUS juga rutin mengadakan promo in-store berupa program discount dan banded produk di pasar-pasar dan supermarket.
NILAI MEREK
Prinsip utama yang juga menjadi visi dan misi dari BAGUS GROUP adalah “To bring comfort and quality to customer with an unstoppable vision to grow, determination and passion as our driving force to keep our customer satisfied”. Kami selalu menjaga kualitas produk kami dan memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumen. Hingga kini, kami menjadi yang terdepan dalam bidang kamper di Indonesia. Sertifikat ISO 9001:2016 yang dimiliki Bagus adalah bukti dari standard tinggi dari tingginya kualitas manajemen mutu yang mencakup standarisasi bahan baku yang dipakai, tata cara operasi perusahaan, produk akhir, distribusi dan pada akhirnya berujung pada kepuasan pelanggan. Bagus menempatkan kepuasan konsumer sebagai prioritas dan percaya bahwa Bagus akan terus menerus mempertahankan kualitasnya dengan ekspektasi pelanggan.
TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
BAGUS mengerti dan peduli akan pentingnya pemeliharaan lingkungan atau yang lebih sering dikenal dengan “GO GREEN” dan BAGUS turut berperan aktif dalam mendukung program tersebut dengan membuat tas belanja eco bag yang terbuat dari bahan alami. BAGUS juga turut ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial seperti kunjungan dan memberi sumbangan ke panti asuhan maupun panti jompo untuk membantu mereka yang membutuhkan.