MITRA 10 - Memberikan Pelayanan dan Produk Terbaik Untuk Konsumen
Pasar
Pasar dan kebutuhan untuk bahan bangunan dan perlengkapan rumah saat ini semakin meningkat dan berkembang pesat di berbagai wilayah Indonesia. Mitra10 menjawab tren ini dengan terus memperluas jaringan bisnis, menerapkan bisnis ritel yang dekat dengan pelanggan, dengan konsep belanja satu atap, yang didukung slogan “Murah, Lengkap, dan Nyaman” dalam memenuhi dan melayani kebutuhan pelanggan.
Sejarah
PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) dengan merek Mitra10, yang merupakan anak usaha dari PT Catur Sentosa Adiprana (CSA), merupakan ritel pertama yang melahirkan konsep belanja bahan bangunan dalam satu atap di Indonesia. Pada tahun awal berdirinya, 1997-1998, Mitra10 membuka 10 supermarket di Jabodetabek. Seiring dengan perkembangannya yang pesat dan ekspansi bisnis yang dilakukan secara agresif, total toko Mitra10 hingga saat ini sudah mencapai 26 outlet. Semuanya tersebar di area Jabodetabek, Lampung, Palembang, Medan, Batam, Sidoarjo, Surabaya, dan Bali. Ekspansi bisnis Mitra10 tidak akan berhenti sampai di situ. Dalam waktu dekat dan beberapa tahun ke depan akan segera dibuka toko-toko baru di sejumlah tempat strategis lainnya.
Produk
Berawal dari hanya memasarkan 10 ribu jenis produk, kini Mitra10 telah berkembang menjadi ritel yang memasarkan lebih dari 65 ribu jenis produk berkualitas, yang didukung oleh 600-an sumber pemasok ternama, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Mitra10 juga terus melakukan inovasi produk andalan melalui in house brand, yaitu Zehn, Tidy, Sincere, dan Durafloor. Saat ini, komposisi produk impor 10% dan produk lokal 90%. Seluruhnya terbagi dalam 12 kategori, yaitu paint & sundries, flooring & wall, bath & kitchen, door & window, plumbing, building material, electrical & lighting, hardware, tools, hobbies, houseware, dan home appliances. Perkembangan Terkini Berbagai program inovatif dibuat khusus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sebab hanya layanan terbaiklah yang mampu memenangkan hati mereka. Program keanggotaan (membership) dengan keuntungan ganda, baik potongan harga maupun point reward menjadi salah satu layanan pilihan Mitra10 untuk pelanggan setia. Semakin banyak berbelanja, para pemilik kartu keanggotaan ini semakin berkesempatan menikmati keuntungan harga khusus, voucher belanja, dan penawaran menarik lainnya. Sampai awal tahun 2017, jumlah member Mitra10 sudah mencapai lebih dari tujuh ratus ribu orang dan pelanggan yang datang berbelanja per hari pun mencapai puluhan ribu orang. Dengan semakin meningkatnya jumlah member, yang juga berarti bahwa Mitra10 sudah dikenal luas oleh konsumen, Mitra10 membangun komitmen pelayanan dengan slogan “we care, we serve.” Mitra10 peduli dan ingin memberikan yang terbaik kepada seluruh pelanggan. Ingin memanfaatkan peluang pasar di era digital yang saat ini perkembangannya sangat pesat, pada tahun 2016 Mitra10 mulai menjalankan bisnis e-commerce dengan alamat toko www.mitra10.com. Melalui bisnis online ini, Mitra10 ingin menjangkau pelanggan lebih luas lagi dan membantu pelanggan mendapatkan barang kebutuhannya dengan cara yang lebih mudah dan murah.
Pencapaian
Sejalan dengan kemajuan perusahaan, Mitra10 telah menyabet berbagai penghargaan prestisius yakni, lima kali meraih Superbrand (2012-2015, 2017), empat kali meraih Service Quality Award (2009, 2011, 2015, 2016), enam kali meraih Top Brand Award (2010-2011 & 2013-2016), empat tahun berturut-turut mendapatkan Corporate Image Award (2013-2016), Top Property Award 2016, dan Rekor Bisnis 2015 sebagai Supermarket Bahan Bangunan dan Perlengkapan Rumah dengan Jumlah Toko Terbanyak dan Terluas di Indonesia.
Promosi
Demi kepuasan pelanggan, banyak kegiatan promosi yang digelar oleh Mitra10. Ada program diskon, belanja berhadiah, midnight sale, crazy price, member deal, promosi bulanan, dan berbagai promo pilihan lainnya. Berbagai kegiatan pameran juga diikuti demi memperkenalkan produk dan bisnis Mitra10 kepada kalangan yang lebih luas. Pada periode tertentu atau menyambut hari istimewa, Mitra10 biasanya menggelar loyalty program dengan diskon besar. Ada juga seminar motivasi, customer gathering, fun bike, dan kelas memasak. Penyebaran informasi untuk beragam program promosi ini dilakukan melalui direct flyer, iklan di berbagai media, termasuk jaringan media sosial.
Nilai-nilai Merek
Saat ini Mitra10 telah menjadi perusahaan retail untuk bahan bangunan dan perlengkapan rumah terkemuka di Indonesia, dengan sistem dan manajemen yang menjadi panutan di dunia retail sejenis dan siap menghadapi persaingan dan tantangan global. Mitra10 ingin menjadi mitra sejati yang memberikan nilai tinggi kepada pemasok, pelanggan, karyawan, dan pemegang saham. Peningkatan kualitas dan pengembangan produk, sumber daya manusia, dan aktivitas bisnis lainnya terus dilakukan secara berkesinambungan demi tercapainya visi “Menjadi Perusahaan Nasional Terdepan di Bidang Distribusi & Logistik, dan Ritel di Indonesia, dan Asia Tenggara.” Selain visi, bisnis Mitra10 juga memiliki misi yang luar biasa, yaitu mengutamakan kepentingan bersama bagi semua pihak terkait, memberikan pelayanan terbaik, meningkatkan manajemen supply chain dan inovasi produk secara berkesinambungan, kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat, dan mengoptimalkan sumber daya manusia.
Tanggung Jawab Sosial
Mitra10 memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Kepedulian sosial ini diwujudkan melalui berbagai aktivitas nyata, antara lain penggalangan donasi bersama Wahana Visi Indonesia untuk mendukung kesejahteraan anak-anak di Papua, bakti sosial pengobatan umum dan gigi bagi 1000 orang warga sekitar kompleks pergudangan perseroan di Kapuk Kamal Jakarta Utara bersama Yayasan Obor Berkat Indonesia. Dalam dunia pendidikan, Mitra10 menyelenggarakan kompetisi desain ruang kamar mandi antar perguruan tinggi bagi mahasiswa arsitektur dan desain interior se-Jakarta- Bandung, Surabaya, dan Bali. Hingga kini Mitra10 tetap membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pelajar dan mahasiswa untuk datang berkunjung ke kantor dan outlet Mitra10. Renovasi sejumlah sekolah dan bantuan beasiswa kepada putra-putri dari karyawan Mitra10 yang berprestasi juga menjadi bentuk nyata dari kepedulian sosial Mitra10. Aktivitas donor darah, renovasi rumah ibadah, dan santunan untuk anak-anak yatim, sudah menjadi agenda rutin Mitra10. Lomba menggambar, menyanyi, dan fashion show untuk anak-anak, juga kerap digelar untuk merangsang kreativitas dan meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak.