Transformasi Digital Telkomsel

Transformasi Digital Telkomsel


Sebagai operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel selalu mengedepankan manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan masyarakat di berbagai aspek kehidupannya. Hingga saat ini Telkomsel terus konsisten membangun jaringan telekomunikasi dari kota hingga ke daerah pelosok, pulau terluar dan perbatasan sehingga dapat menjangkau hingga lebih dari 99% populasi masyarakat Indonesia.

Seiring dengan hal tersebut, Telkomsel juga tengah bertransformasi menjadi digital company dengan visi menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya. Untuk itu kami selalu berinovasi untuk memberikan customer experience terbaik dan tentunya untuk mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Perjalanan Telkomsel menjadi perusahaan digital dilakukan melalui strategi tranformasi Telkomsel 2.0 yang berfokus pada Business, People, Organization, dan Corporate Culture (bisnis, manusia, organisasi, dan kebudayaan perusahaan) dengan strategi untuk mencapai tujuan jangka menengah. 

Dalam hal Business Transformation, Telkomsel secara konsisten menghadirkan program unggulan di tiap tahunnya yang dapat menunjang transformasi perusahaan menjadi perusahaan digital.

Dalam hal Organizational Transformation, Telkomsel memulai organisasi bisnis digital dari hulu ke hilir serta pemberdayaan area dengan merelokasi hampir 60% pegawai andalan ke kantor Area dan Regional agar lebih dapat menangkap kesempatan bisnis dan beradaptasi pada dinamika perubahan pasar. 

Dalam hal Culture and People Transformation, Telkomsel mengeksplorasi kesempatan bisnis baru yang bisa membentuk fondasi bisnis melalui pengembangan kompetisi inti, perluasan pola pikir, dan pengembangan budaya digital di perusahaan. Untuk ini Telkomsel mengadopsi pola pikir dan bekerja yang disebut dengan ‘Go Beyond Performance’ dengan pola pikir DNA (Device-Network- Application). Direktorat Human Capital Management mengimplementasikan tranformasi melalui tiga pilar yaitu Digital Ready Organization Transformation Jumpstart, People’s Digital Built in Capabilities Development and Living The Telkomsel Way & Nurture Digital Ready Leadership.

Telkomsel pun terus mengembangkan ekosistem digital di tanah air yaitu DNA, yang terdiri dari Device (perangkat), Network (jaringan) dan Application (aplikasi). Ketiga hal ini harus saling menunjang agar pelanggan dapat merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan smartphone dan dalam menikmati mobile internet serta berbagai layanan digital lifestyle.

Dari sisi Device, Telkomsel terus bekerjasama dengan berbagai vendor ponsel, agar ketersediaan smartphone yang terjangkau dengan paket menarik lebih banyak lagi dapat dirasakan oleh masyarakat. Dari sisi Network, Telkomsel terus memperkuat jaringannya, terutama dalam hal mobile broadband. Tahun ini, layanan 4G LTE telah tersedia di lebih dari 480 kota di Indonesia, sementara layanan 3G juga akan terus diperluas hingga ke berbagai daerah termasuk pelosok dan perbatasan. Sedangkan di sisi Application, Telkomsel terus mengembangkan berbagai layanan digital, diantaranya di segmen Digital Lifestyle (Music, Games, Video Contents, dll.), Digital Advertising, Mobile Financial Services (T-Cash) dan Internet of Things (T-Drive, T-Bike, dll)

Telkomsel akan selalu hadir untuk menginspirasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi terdepan, produk dan layanan yang kompetitif, serta solusi inovatif. Hal ini akan mengantarkan Indonesia menuju perekonomian masyarakat berbasis broadband sesuai roadmap teknologi selular. Kecintaan pada negeri mendorong Telkomsel untuk terus berkreasi menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik bagi masyarakat Indonesia.